Selamat malam agan agan bumi yang terpilih,ini merupakan post pertama saya yang (akhirnya) ada hubungannya dengan bidang yang saya geluti,ilmu psikologi.
Nah,tentu agan agan sudah farmiliar dengan kata pendidikan,mengingat sebagian besar dari kita menghabiskan setidaknya sepertiga hidup dalam institusi2 pendidikan bernama sekolah dan universitas. Pendidikan dalam psikologi juga merupakan salah satu topik major dan psikologi sendiri memainkan peran penting dalam pelaksanaan proses belajar karena objek dalam pendidikan sama dengan psikologi,yaitu manusia.
Psikologi pendidikan secara umum adalah ilmu yang memperlajari proses belajar dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.beberapa tokoh yang berjasa dalam bidang ini adalah william james bapak aliran fungsionalisme yang mempelajari proses belajar mengajar di ruangan kelas dan john dewey,seorang pelopor dalam pendidikan modern. salah satu pandangannya yang influental adalah bagaimana ia memandang murid sebagai active learner (pembelajar aktif) dimana dia menentang konsep pendidikan konservatif pada waktu itu yang menekankan bahwa peserta didik cuma duduk diam dan mendengarkan.
Dewey berpendapat bahwa peserta didik akan belajar lebih baik jika mereka aktif dalam kelas dia juga punya visi bahwa seharusnya pendidikan juga memberikan kemampuan untuk memecahkan masalah secara reflektif menggunakan nalar pada diri anak secara keseluruhan dan membimbing mereka untuk bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Dewey juga salah berpendapat bahwa setiap anak seharusnya mendapat pendidikan yang layak.
Berikutnya E.L Thorndike memfokuskan diri dalam memberi dasar ilmiah untuk psikologi pendidikan kontemporer dia berpendapat bahwa anak harus dilatih kecerdasan nalarnya untuk memecahkan tiap masalah yang datang.
Nah,tadi itu merupakan insight sekilas dari bidang yang menarik ini untuk tahu lebih dalam akan kita bahas dalam post yang akan datang.Semoga berguna bagi agan agan sekalian
Assalamualikum,selamat malam, Hidup Mahasiswa !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar