Rabu, 06 Juni 2012


TUGAS SURVEY
M.Oktorianta.Bangun
111301119

Assalamualaikum warahmatullahi wabrokatuh, dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah psikologi pendidikan,saya membuat survey kecil kecilan dengan mengguanakan website kwiksurveys.com yang mana merupakan pengalaman baru bagi saya. Saya mengambil topik mengenai ujian nasional dan ujian saringan masuk perhuruan tinggi dengan tujuan melihat tingkat persetujuan para stake holder, dalam hal ini mahasiswa fakultas psikologi usu stambuk 2011. Hal ini saya pikir memang sedikit off topic dari psikologi pendidikan namun cukup menjadi isu hangat yang dapat menjadi indikasi motivasi belajar mahasiswa. Dalam survey ini saya membuat 5 pertanyaan dengan pilihan setuju,netral,tidak setuju berkaitan dengan topik diatas. Berikut hasil survey saya:
1.      Diadakannya ujian nasional

Tidak setuju
14
23,73 %
Netral
19
32,20 %
Setuju
26
44,07 %


2.      Penggunaan ujian saringan masuk universitas

Tidak setuju
1
1,72 %
Netral
3
5,17 %
Setuju
54
93,10 %


3.      Diversifikasi jalur ujian masuk (UMB,SNMPTN,SIMAK UI dsb)

Tidak setuju
8
13,56 %
Netral
15
25,42 %
Setuju
36
61,02 %

4.      Rencana pemerintah menghapus ujian saringan masuk universitas negri

Tidak setuju
35
59,32 %
Netral
15
25,42 %
Setuju
9
15,25 %

5.      Rencana pemerintah menggunakan nilai ujian nasional sebagai syarat masuk universitas negri.

Tidak setuju
33
55,93 %
Netral
20
33,90 %
Setuju
6
10,17 %


KESIMPULAN

Dari sini saya tarik kesimpulan bahwa mayoritas responden setuju dengan pengadaan ujian nasional dan ujian saringan masuk universitas negri, begitupun dengan banyaknya jalur untuk masuk universitas. Dan lebih dari separuh populasi tidak setuju dengan rencana depdiknas untuk menghapus ujian saringan masuk universitas dan menggunakan nilai UN sebagai syarat masuk universitas negri.


TESTIMONIAL

Mengunakan website kwiksurvey sangat mudah dan membuka wawasan saya mengenai cara survey yang beda, tanpa harus bagi bagi kuisioner. Tugasnya juga cukup mudah dan bisa saya gunakan untuk memenuhi rasa ingin tahu saya mengenai topik ini. Secara keseluruhan tugas yang menarik dan mencerdaskan !


Demikian hasil survey saya semoga berguna jika ada kesalahan, saya terbuka untuk diskusi terima kasih atas perhatiannya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar